2.19.2014

Bintek Operator SIMDA Keuangan baru SKPD dan UPT

Pada tanggal 5 sampai dengan 15 Februari tahun 2014, DPPKAD Kabupaten Banjarnegara menggelar bimbingan teknis (bintek) kepada Operator SIMDA Keuangan yang baru dari 60 SKPD dan UPT. Acara yang bertempat di Aula Utama DPPKAD lantai 3 ini dibuka oleh Kepala Dinas DPPKAD Kab. Banjarnegara, Drs. Indarto, M.Si dengan dibagi menjadi 3 gelombang (masing masing gelombang terdiri dari 20 orang operator).

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas berpesan kepada semua peserta agar mengikuti bintek ini dengan baik karena fungsi operator SIMDA Keuangan selalu berdampingan dengan bendahara pengeluaran sehingga bisa menopang pengelolaan serta pelaporan keuangan di masing- masing SKPD dan UPT, peserta juga diharapkan agar hasil dari acara tersebut bisa di implementasikan di lapangan secara baik di tempat tugasnya masing masing.

Pada pelaksanaannya, Bintek SiMDA Keuangan dilaksanakan selama 3 hari untuk masing masing gelombang dengan agenda pembelajaran hari pertama materi yang disampaikan adalah fungsi-fungsi Penyusunan Anggaran, hari kedua materi Penatausahaan keuangan, hari ketiga penyusunan laporan keuangan daerah. Keseluruhan materi berturut turut disampaikan Oleh Kepala Seksi Anggaran, administrator Simda Keuangan dan Kepala Seksi dan Staf Akuntasi DPPKAD Banjarnegara dengan menggunakan metode Pembelajaran yaitu metode penyampaian materi dan Praktik mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh penyaji materi.


Peserta mengikuti Kegiatan ini diharapkan mengerti dan dapat mengoperasikan simda keuangan dengan baik agar tolak ukur itu dapat tercapai maka penyaji materi memberikan soal untuk dikerjakan dan hasil dari pengerjaan soal tersebut untuk di print dan dikumpulkan, sebagian besar peserta bintek sudah memahami materi dari pengisian data Renstra, Parameter Penandatanganan, Menyusun RKA SKPD, Pembuatan SPP dan SPM untuk penatausahaan baik UP,GU,LS ataupun TU dan Pembuatan SPJ GU dan TU peserta juga sudah memahami materi entri data Pajak, di hari ketiga disampaikan materi penyusunan Laporan Keuangan materi yang disampaikan berupa pengertian dasar akuntansi dan penyusunan jurnal umum penyesuain baik untuk pengurangan atau penambahan aset di neraca SKPD, peserta mengerjakan soal pelaporan keuangan untuk mempraktikan penyusunan realiusasi anggaran dan pembuatan neraca.

Rangkaian acara Bintek ini ditutup pada tanggal 15 Februari 2014 oleh Kepala Dinas DPPKAD Kabupaten Banjarnegara yang diwakili oleh Kepala seksi anggaran DPPKAD Kabupaten Banjarnegara Agus Sugandhi, S.Sos.









Beberapa materi yang disampaikan pada acara tersebut, bisa di download pada link berikut :
  1. Materi Utama
  2. Petunjuk Pembuatan SPP dan SPM
  3. Standar Penomoran
  4. Materi Akuntansi
  5. Teknis Pelaporan Akuntansi SIMDA

0 komentar:

Posting Komentar